Laman

Selasa, 15 November 2016

SDMTQ WONOKERTO Napas Baru di Muhammadiyah

SDMTQ WONOKERTO

Napas Baru di Muhammadiyah




        sekolah Dasar Muhammadiyah Tahfizhul Qur’an Wonokerto atau sering dikenal SDMTQ berlokasi di depan Masjid Jami’ Al-Falah Wonokerto Kulon, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan. SD tersebut merupakan sekolah yang didirikan oleh lembaga dakwah Muhammadiyah di bawah naungan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wonokerto dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia yang sudah gamblang membawa misi mendidik generasi hafizh atau penghafal Al-Qur’an.

SDMTQ dibangun sejak awal tahun 2015, dan sudah menerima peserta didik baru mulai Juni 2015 lalu. Sekarang ini, angkatan pertama SDMTQ sudah memasuki semester 2, dan masih menggunakan KTSP sebagai landasan kurikulum yang dipadu dengan program tahfizh.

Pada semester satu yang lalu, semua santri angkatan I sudah menyelesaikan hafizh satu jus, terang Dra Rahma Tripara NS, Kepala SDMTQ Wonokerto. Tercapainya prestasi ini tentunya didukung oleh para ustazh yang berkompeten di bidangnya. Di tahun pertama, SDMTQ sudah mampu mendatangkan 3 ustadz pengampu tahfizh dan sudah menambah satu uztadzah (hafizhah) untuk semester dua ini.

Pada tahun pertama, jumlah santri yang mendaftar di SDMT sebanyak 44 santri. Oleh kebijakan sekolah, sebanyak 44 santri tersebut dibagi ke dalam dua kelas, yakni kelas 1 USTMAN dan kelas 1 ALI, dengan jumlah 22 santri tiap kelas. Tidak hanya program tahfizh, SDMTQ juga berfokus pada mata pelajaran umum, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, dan lainnya.


MURI-Q (Murottal Irama Qur’an) adalah metode pengajaran tahfizh yang digunakan di SDMTQ yang sudah terbukti efektif dalam pengajaran tahfizh di sekolah. Metode yang dikenalkan oleh Ustadz M Dzikron Al-Hafizh ini tidak hanya berfokus pada kegiatan menghafal, tetapi juga begaimana melantunkan Al-Qur’an sesuai tajwid yang benar, sekaligus indah.
Perolehan Medali Lomba OLYQ Tk ASEAN

SHOLAT DHUHA BER JAMAAH

1 komentar: